Minggu, 15 Februari 2015

Profil Ridwan Ch Madris

0 komentar



Ridwan Ch. Madris, Alias Ridwan Haris (Sastrawan & Sutradara Teater Menara), Lahir Bandung 28 Januari 1979.
Pernah kuliah di Universitas Islam Nusantara (UIN) Bandung, FKIP Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Seni, STAI Kharisma Cicurug Sukabumi. Selesai kuliahnya di Perguruan Tinggi swasta STAI Soreang Kabupaten Bandung, Pendidikan strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah). Melanjutkan Fasca Sarjana S2 STIE PBM Jakarta Program Magister Managemet Pendidikan.
Pernah mondok di beberapa Pesantren, di antaranya Pesantren Baitul Arqom Pacet Bandung, Al-Mamun’niyah Sukanegara, Al-Istiqlal Cicantu Cianjur, dan Terakhir Riyadhul Aliyah Bogor.
Tulisanya berupa Naskah Teater, Drama Komedi dari Tahun 1999-2010 yang sering dipentaskan di Komunitas Alif, Teater Nusantara UNINUS, Kafe Sastra, Teater Gerak, dll. Juga menulis Skenario Sinetron yang beberapa kali ditayangkan di beberapa Stasiun TV Swasta.
Selain bermain Teater dan Menulis Naskah, juga serius menulis Puisi dari tahun 1999. Sebagian Puisi didalam buku Antologi Puisi Simphoni Nusantara, Lumbung Puisi Sastrawan Indonesia 2014, Antologi Puisi Tunggal Pesan Sucimu, Hujan Deras Adalah Cinta (Media Herya Media Depok), Budaya Kelam (Herya Media Depok), Pantun Modern, Cerita Novel Anak-anak dan di muat di Media Radar Bogor, HU Pikiran Rakyat, Majalah Seni Budaya, Berseka, Majalah Sawala, Bulttien Jendela Seni Bandung, Majalah Langlang Buana dan Tulisan-tulisan lainnya yang sudah berbeentuk Buku.
Dari Tahun 1996 sampai dengan Tahun 2001, beberapa kali mendapatkan terbaik pertama Lomba Baca Puisi dari Tingkat Kab/Kodya, Propinsi sampai Nasional.
Tahun 1999, mendirikan Teater Gerak di Sukabumi dan Bogor, juga pernah aktif sebagai pembina Kafe Sastra UNINUS Bandung, Teater Nusantara, UNO (Organizer UIN Bandung Fakultas Adab dan Humaniora), Bidang Teater Komunitas Malaikat, pernah terlibat juga pentas Teater Di STB (Studi Club Teater Bandung). Sekarang serius membina Teater Menara dan aktiv di Rawayan Seniman Bandung (RSB) dan Kordinator Seni budaya PC Ansor Kabupaten Bandung.
Pernah bekerja sebagai Instruktur Acting Quba Entertainment, Bosxa Enterfraise dan Aulia Organizer. Juga mengajar Seni dan Budaya di SMP Pertiwi Dayeuhkolot, MA Al-Ikhlas Pacet. Dan sekerang masih giat mengajar Seni dan Budaya Di MTS/MA Salafiyah AlFalah Ciganitri, SMK Putra Bahari Balaendah, Esklul Seni di Sekolah-sekolah.

Leave a Reply